July 15, 2024
Alina Habba Mundur Sebagai Pengacara Top Trump untuk Gugatan Pemerkosaan Setelah Sanksi
  • Alina Habba mengundurkan diri sebagai penasihat utama yang mewakili Donald Trump dalam gugatan perkosaan E. Jean Carroll.
  • Joe Tacopina, yang telah mewakili tim Washington Commanders NFL dan Meek Mill, akan memimpin tim Trump.
  • Pengacara Carroll mengatakan dalam pengajuan pengadilan bahwa Habba akan mundur seluruhnya – yang dibantah oleh Habba dan Tacopina.

Pengacara Donald Trump, Alina Habba dan mitra hukumnya Michael Madaio mengundurkan diri sebagai pengacara utama yang mewakili mantan presiden dalam gugatan perkosaan yang tertunda terhadapnya, menurut pengajuan pengadilan.

Langkah tersebut dilakukan dalam kasus yang diajukan oleh penulis E. Jean Carroll, yang menuduh Trump memperkosanya di ruang ganti department store Bergdorf Goodman pada 1990-an.

Pada hari Selasa, pengacara pembela Joe Tacopina bergabung dengan tim pembela Trump sebagai penasihat utama saat mereka menuju ke persidangan, catatan pengadilan menunjukkan.

Roberta Kaplan, seorang pengacara yang mewakili Carroll, mengatakan dalam sebuah surat hari Selasa bahwa Habba berencana untuk menarik diri sepenuhnya dari kasus tersebut.

“Kemarin, pengacara dari Habba Madaio & Associates LLP memberi tahu kami bahwa mereka berniat menarik diri dari kasus ini, meninggalkan Tuan Tacopina sebagai penasihat tunggal,” tulis Kaplan.

Dalam sebuah wawancara dengan Insider Wednesday, Habba dengan tegas membantah dia akan mundur dan mengatakan dia berdedikasi untuk mewakili Trump dalam litani kasus pengadilannya.

“Saya belum mundur. Saya tidak berencana mundur,” kata Habba.

Tacopina memberi tahu Orang dalam bahwa Habba dan Madaio “tidak menarik diri dari kasus ini” dan bahwa Kaplan “memiliki kesan yang salah”.

“Saya tidak akan menggantikannya,” kata Tacopina, Rabu. “Saya datang sebagai pengacara utama dalam kasus ini untuk mengadili kasus ini.”

Perekrutan Tacopina terjadi dua minggu setelah seorang hakim federal di Florida menjatuhkan sanksi kepada Habba dan Trump dalam kasus terpisah dan mendenda mereka $1 juta.

Dalam gugatan Florida itu, Trump menuduh Hillary Clinton, Direktur FBI saat itu James Comey, dan sejumlah pejabat partai Demokrat berkolusi untuk memulai penyelidikan Departemen Kehakiman atas hubungannya dengan Rusia dan mengayunkan pemilu 2016 untuk mendukung Clinton. Trump memenangkan pemilu 2016.

Hakim Distrik AS Donald M. Middlebrooks menolak kasus tersebut dan mengecam Trump dan Habba karena “menggunakan pengadilan sebagai panggung untuk teater politik dan keluhan.”

Mengikuti perintah sanksi, Habba menarik gugatan terpisah yang tertunda di hadapan hakim Florida yang sama yang menuduh Jaksa Agung New York Letitia James menargetkan Trump karena alasan politik. James menggugat Trump dan Organisasi Trump di pengadilan negara bagian New York sebesar $250 juta, menuduh mereka melakukan penipuan keuangan dengan berbohong tentang nilai properti untuk menghindari pajak.

Habba juga mewakili Trump dalam kasus jaksa agung New York, dan itu tidak berjalan dengan baik: James mencari sanksi terhadapnya untuk jawaban “tanpa pamrih” atas gugatan jaksa agung, termasuk klaim bahwa Organisasi Trump sebenarnya tidak ada sebagai badan hukum dan hanyalah singkatan branding. Hakim yang mengawasi kasus tersebut sebelumnya menganggap Trump menghina pengadilan karena menolak untuk mengikuti deposisi.

Habba tidak muncul di pengadilan untuk sidang Rabu pagi tentang klaim sanksi James. Madaio, rekan hukumnya, menolak menjelaskan mengapa dia tidak hadir.

“Dia tidak bisa berada di sini,” kata Madaio kepada Insider.

Donald Trump

Mantan Presiden Donald Trump duduk untuk deposisi dalam gugatan Jaksa Agung New York.

Orang dalam



Carroll telah mengajukan dua tuntutan hukum terhadap Trump. Trump tidak mengubah tim hukumnya dalam gugatan pertama Carroll, yang merupakan kasus pencemaran nama baik karena Trump menyebutnya pembohong. Pengadilan banding saat ini sedang memutuskan apakah akan mengizinkan gugatan itu untuk maju. Pengacara Trump dan DOJ berjuang agar Trump dicopot sebagai terdakwa dalam kasus tersebut berdasarkan undang-undang federal yang melindungi pegawai publik agar tidak dituntut secara pribadi atas tindakan di tempat kerja.

Perubahan tim hukum Trump adalah untuk gugatan kedua Carroll, di mana penulis menuduh Trump melakukan pemerkosaan. Tacopina memiliki pengalaman dengan kasus-kasus terkenal, termasuk mewakili tim Washington Commanders NFL dan tersangka pembunuh Natalee Holloway, Joran van der Sloot, dan bekerja dengan klien selebritas seperti A-Rod dan rapper Meek Mill dan A$AP Rocky.

Merupakan hal yang umum bagi pihak-pihak dalam gugatan untuk membawa pengacara baru saat kasus menuju ke pengadilan, tetapi itu tidak selalu berarti pengacara sebelumnya akan menarik diri dari kasus tersebut, atau menyerahkan posisi penasihat utama kepada orang lain.

Tapocina mengatakan fakta-fakta yang dipersengketakan di kedua tuntutan hukum Carroll identik, dan dia mungkin akan membela kedua kasus tersebut.

“Pada akhirnya, ini adalah persidangan yang sama, kan? Apakah ini terjadi atau tidak,” kata Tacopina kepada Insider, menambahkan: “Jika itu terjadi, maka itu pencemaran nama baik. Jika itu tidak terjadi, itu bukan pencemaran nama baik. “

Roberta Kaplan, pengacara yang mewakili Carroll, menulis dalam surat yang diajukan ke pengadilan Selasa bahwa “penggantian pengacara tahap akhir ini adalah taktik lain untuk mencoba menunda proses.”

Habba membantah dia berusaha memperlambat kasus tersebut tetapi meminta hakim mengadakan konferensi untuk membahas “masalah terkait penjadwalan,” tulisnya sebagai tanggapan.

Koreksi: 1 Februari 2023 — Judul sebelumnya untuk cerita ini gagal mengaitkan klaim bahwa Alina Habba berencana menarik diri dari pembelaan Donald Trump dalam kasus pemerkosaan E. Jean Carroll kepada pengacara Carroll, Roberta Kaplan. Kisah ini juga telah diperbarui dengan komentar dari Habba dan Joe Tacopina membantah klaim Kaplan ke pengadilan, dan mengatakan dia akan tetap menangani kasus tersebut tetapi tidak sebagai penasihat utama.

Laura Italiano berkontribusi melaporkan.